Ingin Menggadaikan Mobil? Ketahui Dulu 5 Hal Ini

Menggadaikan kendaraan seperti di tempat gadai bpkb mobil Jakarta Barat sudah bukan hal baru lagi di masyarakat. Namun demikian, banyak yang masih belum mengerti untuk melakukannya. Karena itulah, penting untuk mengetahui beberapa hal sebelum gadai mobil.

Pasalnya menggadaikan mobil sangat berisiko. Bahkan bukan tidak mungkin Anda bisa terkena modus penipuan. Jadi, sebaiknya waspada dan berhati-hatilah.

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Gadai Mobil

Nah, untuk menghindari risiko menggadaikan mobil, berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui:

  • Tujuan Pengajuan Kredit

Sebelum mengajukan gadai, pikirkan lagi alasan Anda sampai menggadai mobil. Apakah itu benar-benar penting dan mendesak atau tidak. Juga apa itu mengarah ke positif atau malah negatif.

Kalau butuh dana besar dengan cepat, ini bisa jadi alasan yang wajar di kondisi kepepet. Namun jika alasan bersifat konsumtif, lebih baik batalkan saja. Karena hal itu justru dapat merugikan Anda nantinya.

  • Pilihan Tempat Gadai yang Legal

Ini adalah salah satu poin paling penting. Anda wajib mencari tahu mana tempat penggadaian yang legal. Yang artinya, tempat jasa tersebut sudah mengantongi izin dan terdaftar di OJK.

Mengingat tempat gadai ada banyak, Anda tentu harus berhati-hati. Jangan asal pilih yang mudah dan dekat. Penting pastikan kejelasan legalitasnya lebih dulu dari sumber yang terpercaya.

Atau pilihan terbaiknya, Anda bisa gadai mobil di Pegadaian. Legalitas tempat ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Mengingat Pegadaian merupakan salah satu bagian dari BUMN.

  • Besaran Angsuran Pinjaman

Perlu ditekankan kembali, uang hasil gadai bukanlah uang gratis. Ada syarat dan ketentuan berlaku yang diberikan.

Untuk itu, pahami dulu semuanya termasuk besar nilai bunga yang dikenakan. Pasalnya, besaran bunga inilah yang akan menjadi penentu besar angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Disarankan, cari tempat gadai yang mengenakan tingkat bunga di bawah 30%. Contohnya di tempat gadai bpkb mobil Jakarta Barat ini. Kalau lebih tinggi, lebih baik pertimbangkan kembali. Karena kemungkinan Anda pasti akan kesulitan untuk melunasi cicilannya.

  • Denda dan Sanksi

Saat telat membayar cicilan, pasti ada denda atau sanksi yang dikenakan. Maka dari itu, ketahui berapa besar denda dan sanksi tersebut. Namun sebisa mungkin usahakan agar menghindarinya.

Nilai denda yang dikenakan ini mungkin terlihat kecil. Tapi kalau terus menerus, tentu akan sangat merugikan. Oleh karena itu, pastikan untuk bayar cicilan selalu tepat waktu. Jangan sampai terkena sanksi, denda ataupun penalty.

  • Keamanan

Nominal pinjaman dari menggadai mobil terhitung cukup tinggi. Karena itulah biasanya masa pinjaman juga semakin lama. Sehingga diperlukan tempat gadai mobil yang aman dan tepercaya. Memang apa hubungannya?

Anda tentu tidak ingin mobil atau BPKB jaminan Anda rusakkan? Untuk itu, pilih tempat gadai yang memiliki kredibilitas baik dan menjamin keamanan. Jadi misal terjadi sesuatu, pihak mereka dapat mempertanggungjawabkannya.

Simulasi Gadai Mobil

Seperti yang sudah banyak dikatakan, menggadaikan mobil tidaklah susah. Bahkan bisa dibilang cepat dan mudah. Nah, untuk Anda yang masih bingung melakukannya. Berikut simulasi menggadaikan mobil yang perlu Anda tahu:

  1. Datanglah ke tempat gadai dengan membawa persyaratan yang diperlukan.
  2. Kemudian sampaikan tujuan Anda pada pegawai tempat gadai. Isilah formulir peminjaman dana yang diberikan.
  3. Petugas akan menaksir plafon kredit mobil yang bisa didapat. Selanjutnya, Anda akan diberi tahu jumlah kredit yang bisa dicairkan. Anda tinggal memilihnya lalu dapatkan Surat Bukti Kredit.
  4. Setelah selesai, dana akan dapat dicairkan secepat mungkin.

Bagaimana, mudahkan? Apalagi kini gadai bpkb mobil Jakarta Barat telah menerapkan sistem digitalisasi pada proses pencairan dananya. Jadi tentu sangat memudahkan.