Tanpa BPKB, Bisakah Mobil Digadaikan? Ini Penjelasannya

tanpa bpkb, bisakah mobil digadaikan?

Seperti yang kita tahu, mendapatkan dana pinjaman sekarang ini semakin mudah. Salah satunya yaitu dengan gadai mobil masih kredit Jakarta. Cara ini memang sudah cukup umum dilakukan, tapi tidak semua tempat gadai juga akan menerimanya.

Untuk itu, penting bagi Anda pahami dulu tentang jenis gadai ini. Sebab pada prosesnya, ada beberapa ketentuan yang berbeda dari bila Anda gadai dengan BPKB.

Apa Itu Gadai Mobil Tanpa BPKB?

Tak dipungkiri, kredit mobil kini masih menjadi solusi mudah untuk memiliki aset ini. Pasalnya jika bayar cash, mungkin butuh waktu lama untuk bisa mewujudkannya. Akan tetapi terkadang, masalah finansial justru memaksa kita untuk menggadaikannya.

apa itu gadai mobil tanpa bpkb?

Pertanyaannya, bolehkah mobil kredit digadaikan? Boleh saja, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Inilah yang disebut dengan gadai mobil tanpa BPKB. Di mana mobil yang digadaikan masih kredit atau belum dimiliki BPKB nya.

Sistem gadai ini tentu tidak memerlukan BPKB sebagai jaminannya. Namun itu bukan berarti sistem gadai ini tidak punya jaminan sama sekali. Sebagai gantinya, pihak gadai biasanya akan meminta surat sah yang berhubungan dengan mobil seperti STNK.

Beberapa tempat gadai lain ada juga yang memberlakukan cara berbeda. Salah satunya seperti menahan kendaraan itu sendiri. Yang itu artinya, mobil akan ditarik oleh pihak gadai sebagai jaminan atas pinjaman yang dilakukan.

Setiap tempat gadai memiliki persyaratan dan kebijakan masing-masing. Maka dari itu, ketahui dan pahami dulu setiap ketentuan yang diberlakukan. Dengan begitu, Anda bisa memilih akan mengambil sistem pinjaman ini atau tidak.

Yang Perlu Dipahami Saat Gadai Tanpa BPKB

Hal lain yang perlu dipahami saat menggadaikan mobil tanpa BPKB adalah kewajiban pembayaran angsuran oleh peminjam. Juga batasan dan bantuan jasa take over yang mungkin dapat digunakan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa perhatikan berikut ini:

yang perlu dipahami saat gadai tanpa bpkb
  • Membayar Angsuran Pinjaman Tepat Waktu

Besar angsuran pinjaman yang dibayarkan telah ditentukan sebelumnya. Sebagai peminjam, Anda diwajibkan mengangsurnya tepat waktu sampai lunas. Di mana angsuran ini akan dibayarkan setiap bulannya ke pihak tempat gadai.

  • Disiplin Membayar Angsuran Kredit Mobil

Meski mobil digadaikan, namun kewajiban untuk menyelesaikan angsuran tidak berpindah tangan. Anda sebagai pihak yang mengambil kredit mobil tetap harus melunasinya. Pasalnya, mobil yang dijadikan agunan masih tertanggung.

Jadi demi menjaga kepercayaan, angsuran kredit mobil tetap wajib dibayarkan setiap bulannya. Kecuali jika menggunakan layanan take over mobil kredit yang dijaminkan. Maka peminjam hanya memiliki kewajiban angsuran yang pertama. Namun dengan nominalnya yang akan lebih besar.

  • Take Over Mobil Kredit

Ini bisa dikatakan sebagai pengalihan tanggungan kredit mobil ke orang lain. Di mana semua permasalahan yang berhubungan dengan cicilan dan BPKB mobil akan diurus oleh pihak tempat gadai.

Dengan kata lain, perusahaan akan melunasi kredit mobil yang Anda gadaikan. Dan sebagai gantinya, surat BPKB mobil tersebut akan langsung ditangan pihak tempat gadai.

  • Batasan Gadai Mobil Kredit

Pinjaman dengan sistem gadai mobil kredit ini tidaklah diberikan sembarangan. Biasanya, kredit mobil yang diperbolehkan melakukan gadai adalah yang akan lunas 1 tahun mendatang. Besar nominal pinjamannya pun sangat terbatas, tidak sebesar bila menggunakan BPKB.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu seputar gadai tanpa BPKB. Mengingat ini adalah gadai mobil masih kredit Jakarta, selalu pastikan sepanjang prosesnya dilakukan dengan aman. Sebab sistem gadai ini sangatlah berisiko untuk dilakukan.